Pengalaman Ngopi Di Rumah Kopi Unik Etnik Dan Otentik Di Kabupaten Bogor Barat

Kalau biasanya coffee shop itu didirikan dengan primary objective-nya untuk tujuan bisnis, maka kali ini ada tempat ngopi yang punya objective yang berbeda sendiri guys, yaitu bertujuan untuk membantu petani kopi Indonesia dalam memasarkan kopinya. Wow!  Nah penasaran kan, yuk kita lanjut..

Amazing coffee shop in the jungle

Findmevenue menyambangi sebuah rumah kopi di Kabupaten Bogor Barat yang unik banget. Kenapa unik? Karena lokasinya benar-benar engga biasa, yaitu terpencil dan greenery banget. Hampir tak terlihat dari pintu masuk area ini.  Dan kalian bakalan engga menyangka dapet pengalaman ngopi dan nongkrong yang belum pernah kalian jumpai sebelumnya. Nama tempatnya adalah Rumah Kopi Ranin yang beralamat di Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Bogor, Jawa Barat. 

Bicara Rumah Kopi Ranin ini tak bisa lepas dari sebuah nama sang pendiri sekaligus pemilik yaitu Pak Tejo Pramono dan Pak Uji Sapitu. Dua sosok sederhana namun visioner ini ternyata telah banyak menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam memajukan industri kopi lokal Indonesia. Dimulai pada tahun 2012 beliau berdua ini mendirikan Rumah Kopi Ranin dengan menjual kopi racikan di sebuah gerobak di IPB. Di bawah naungan Rumah Kopi Ranin inilah sekaligus bediri sekolah kopi non formal yang ditujukan untuk memberikan ilmu perkopian dan praktek buat para petani kopi, setelah awalnya hanya membantu menjual kopi petani saja. Alasan mendasar mereka adalah agar mereka  paham betul cara mengolah dan memproses kopi agar mampu menjadikan produk mereka berkualitas dan patut diperhitungkan di pasaran kopi secara luas.

Seperti diketahui bahwa dahulu para petani kopi belum memahami betul potensi yang dimiliki dari hasil kebun mereka. Sehingga mereka menjual kopi dengan menggantungkan harga pasar atau pembeli. Sulit untuk mendapatkan harga lebih baik. Hal itu cukup dimengerti karena pengetahuan dalam pengolahan kopi dari hulu sampai hilir masih sangat minim. Di tengah pikuknya bisnis perkopian di tanah air, para petani seolah tidak kecipratan untungnya. Apalagi menjadikan mereka sejahtera. Untuk itulah tujuan utama Rumah Kopi Ranin akhirnya didirikan agar para petani bisa melahirkan kopi-kopi specialty grade di Indonesia. Wah benar-benar keren sekali ya!

Rumah Kopi Ranin  memiliki proses tersendiri yang ditentukan oleh para pendirinya. Jadi semua jenis kopi yang dijual di sini semua telah melewati proses tersebut. Segala pengolahan untuk terciptanya sebuah rasa itu telah di uji layak oleh founders nya sendiri. Salah satunya adalah Kopi Cibulao yang telah diproses sedemikian rupa sehingga cita rasanya benar-benar hits banget! Maka jika kalian coba, cita rasa kopinya bukan kaleng-kaleng guys! Mantap banget!

Tentu saja hal ini diwujudkan berkat kerja keras dan dedikasi mereka dalam upayanya mengangkat kopi lokal menjadi lebih sohor dan mampu bersaing di kancah perkopian nasional maupun international. Bahkan menurut informasi Pak Tejo sendiri, para petani dari seluruh pelosok Indonesia sudah seperti keluarga sendiri, karena begitu eratnya kerja sama serta hubungan antara pendiri Rumah Kopi Ranin dan para petani, Malah banyak dari mereka yang telah membuka usaha perkopian sendiri atau UMKM.

Nah, setelah sedikit kita bahas kopinya di atas tadi sekarang giliran kita kupas tentang tempatnya nih guys. Dengan berlokasi di kawasan Kabupaten Bogor Barat, dikelilingi suasana hutan dan area hijau yang luas, maka Rumah Kopi Ranin ini terbilang sangat unik. Dibangun di lahan milik pribadi, di pinggir sungai Ciapus bikin pengalaman ngopi dan nongkrong kalian jadi penuh sensasi dari suasana pedesaan yang bersahaja.

Beberapa bangunan kayu yaitu berbentuk rumah panggung menambah kentalnya suasana pedesaan. Ternyata alasan mendasar diungkapkan Pak Tejo memaknai bangunan Rumah Kopi Ranin di atas rumah panggung itu. Menurut beliau jaman dahulu, di pedesaan, hasil panen kopi itu akan disimpan di rumah-rumah panggung, ditujukan supaya hasil panen tersebut tidak menjadi incaran binatang-binatang. Wah, bisa dibayangkan betapa para founders ini begitu memperhatikan detail dari bangunan kedai ini juga ya.

Nuansa pedesaan yang sejuk  terasa sekali sesaat kaki menjejak di  Rumah Kopi Ranin. Para pengunjung kedai bisa duduk-duduk di kursi-kursi kayu di pekarangannya. Ada pula furniture kayu lengkap yang etnik yang tersedia di salah satu rumah panggung utama. Dengan suasana dan juga kopi serta kuliner yang mendukung, nyaman banget buat nongkrong, apalagi bagi yang lagi work from home, bakalan tenang dan makin terinspirasi.

Rumah Kopi Ranin ternyata juga menyediakan private dining package buat minimum tamu sebanyak 10 pax. Dengan 8 course meal bakal menghadirkan makanan nusantara yang otentik dan pastinya menggugah selera kalian. Di tengah maraknya bisnis makanan western, di sini kalian justru akan merasakan nikmatnya kuliner nusantara yang tak kalah lezat. Ditemani suara nyanyian alam serta suasana pedesaan yang kental, wah bikin pengalaman private dining kalian tak akan terlupakan. Untuk event ini khusus kalian harus melalui reservasi dulu ya.

Mengomentari keheranan kami dengan membangun sebuah kedai kopi di pelosok banget, maka kami setuju banget sama filosofinya pak Tejo nih guys. Menurut beliau, semua orang itu asalnya dari desa, jadi di manapun kita bertempat tinggal dan pergi melanglang buana, kita akan selalu kangen sama suasana desa. Hmm.. ada benarnya juga ya, DNA kita engga bohong guys!

Nah, jangan tunda lagi guys, segera agendakan mampir ke Rumah Kopi Ranin. Dan temukan sensasi ngopi ala pedesaan yang tenang dan bersahaja, tapi dengan kualitas kopi yang luar biasa!

 

 

 

Translate »