15 Cafe Dan Resto Hits Buat Nongkrong Seru Di Kawasan Dago Pakar Bandung

Kawasan Dago Pakar Bandung, Jawa Barat, semenjak dulu memang sudah terkenal dengan pemandangan dan udaranya yang dingin guys. Dataran dengan ketinggian antara 800-1350 mdpl  ini memang telah lama menjadi tujuan favorit warga Bandung serta wisatawan dari luar kota yang ingin menghabiskan waktu luang untuk menikmati suasana dan panorama kota serta pemandangan gunung yang menakjubkan.

Dengan adanya  lokasi wisata ngetop yaitu Tahura (Taman Hutan Raya) Djuanda dan Tebing Keraton menjadikan kawasan Dago Pakar kian menjadi lokasi favorit untuk dikunjungi oleh masyarakat. Apalagi di akhir pekan, wisatawan dari luar kota juga ikut serta memenuhi jalan-jalan di Dago Pakar. Di masa pandemi ini, para pesepeda bahkan kian sering terlihat menjajal jalanan di Dago untuk menikmati petualangan yang menantang.

Dengan bentangan lahan seluas lebih dari 500 ha, maka bisa dibayangkan luas Taman Hutan Raya Djuanda sampai ke titik tertinggi yaitu Tebing keraton. Hutan raya ini selain menjadi paru-paru Kota Bandung, juga dimanfaatkan sebagai sumber air bersih. Namun yang kian populer saat ini adalah potensi wisatanya yang sangat luar biasa di sepanjang jalan Dago Pakar. Pemandangan yang super indah serta udaranya yang dingin dan menyehatkan seolah menjadi paket sempurna sebagai daerah tujuan wisata.

Tingginya jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan Tahura Djuanda dan Tebing Keraton ini tentu tidak dilewatkan begitu saja oleh para pelaku usaha kopi dan kuliner. Dalam beberapa tahun belakangan cafe, coffee shop dan resto mulai ramai bermunculan di wilayah sepanjang Dago Pakar. Jika kalian berkunjung ke kawasan ini, kalian bakal banyak menemukan venues yang asik banget buat nongkrong yang bertebaran di sisi kanan dan kiri jalan. Mereka hadir menawarkan pengalaman berkuliner dengan keunikan masing-masing, apalagi membawa vibes yang kekinian banget. Kalian bakal dibuat bingung deh mau nongkrong di mana hehe. Bagaimana kalo dicoba semuanya ..

Berikut adalah 15 cafe, coffee shop dan resto yang bisa kalian pilih sebagai tempat ngaso sejenak selepas berkunjung ke Tahura Djuanda dan Tebing Keraton. Mereka hadir menawarkan berbagai menu minuman dan makanan yang beraneka ragam. Tentu saja dengan harga yang bervariasi pula. Tinggal disesuaikan saja dengan kocek masing-masing. Yang pasti, dengan modal berapapun, kalian tetap bisa menikmati suasana Dago Pakar yang mantap…

1. Kopi Tahura

Cafe ini letaknya persis bersisian dengan Tahura Djuanda. Setelah berjalan-jalan di dalam hutan raya, kalian bisa mampir ke sini untuk melepas lelah sambil ngopi dan beristirahat. Jadi pemandangannya pun mengarah ke hutan raya itu sendiri,  bikin lokasi outdoor-nya menjadi teduh banget. Harga makanan serta minumannya pun cukup ramah dikantong koq.

2. Asa’an Kopi

Cafe ini terletak di kanan jalan arah ke Tebing Keraton, cocok banget buat yang ingin menikmati pemandangan lembah bareng teman-teman sambil menikmati kopi dan kulinernya. Para goweser biasanya suka banget stopping by di sini karena memang lokasinya persis di pinggir jalan, jadi mudah dijangkau. Dan pemandangannya di siang maupun malam hari sama cakepnya guys!

3. Utara Cafe

Jika kalian sedang mengarah ke Tebing Keraton, Utara Cafe ini sudah terilhat jelas. Karena tempatnya yang berada cukup tinggi dibanding jalan. Banyak spot-spot foto bagus di sini guys, jadi selain bisa ngopi dan bersantai, mata kita bakal dimanjakan dengan pemandangan indah dan suasana cafe yang cozy dan kekinian.

4. Cafe D’Pakar

Cafe ini sebenarnya sudah cukup lama ada, mungkin bisa dibilang pelopor adanya cafe di kawasan Dago Pakar. Jika dulu hanya tersedia tempat buat ngopi dan makan, nah sekarang sudah banyak pengembangan di sana sini guys. Kini di dalam area cafe telah tersedia taman wonderland yang cantik serta taman kelinci yang bisa dikunjungi anak-anak serta orang dewasa juga. View dari tempat ini juga cakep guys, mengarah ke hutan raya yang hijau membentang sepanjang mata memandang.

5. Atanapi Coffee Camp

Cafe ini terletak di sisi sebelah kanan jalan arah mau ke Tebing Keraton. Di lereng yang berundak-undak ditempatkan kursi-kursi pendek, kursi kayu, dan lesehan serta di pasang juga beberapa tenda buat neduh, selain dipayungi pula oleh beberapa pepohonan yang sengaja tidak dipangkas. Tapi dengan adanya tenda-tenda ini jadi menciptakan suasana cozy gitu loh. Harga-harga di menu list juga ramah kantong.

6. Warung DDieu

Warung kopi ini letaknya di sisi kiri arah mau ke Tebing Keraton. Jadi view-nya itu adalah Taman Hutan Raya Djuanda yang hijau dan asri banget. Buat yang bawa motor ke sana cocok banget nih mampir ke sini. Lokasinya juga terletak di bawah rerimbunan pohon-pohon pinus, jadi asik banget buat nongkrong bareng sohib-sohib. Dengan harga di list menunya yang rata-rata di bawah 20K, engga akan khawatir sama budget buat traktir hehe..

7. The Stone Cafe & Resto

Lokasi cafe dan resto ini cukup terlihat dari jalan besar. Tempatnya sendiri agak menanjak. Menunya pun lengkap dan cocok buat  yang sedang berlibur bareng keluarga. Ada tempat lesehannya, tapi disediakan juga koq kursi-kursi. Bentuk cafe & resto ini seperti gubuk/ saung yang bersusun guys. Jadi selepas menikmati kulinernya kita juga bisa istirahat leyeh-leyeh di saung sambil selonjoran dibelai-belai angin sejuk, karena memang tempatnya berada di ketinggian. Untuk harga sendiri di menu list dari 40K ke atas untuk makanan berat, dan buat minumannya kisaran 30K-an.

8. Kopi Selasar Sunaryo & Art Space

Kopi Selasar ini adalah sebuah cafe yang juga bersisian dengan sebuah venue of arts exhibitions guys. Tempatnya unik banget dan artistik. Jika lagi ada pameran karya para seniman, kalian bisa sekalian masuk dan menyaksikan pameran tersebut. HTM sekitar 25K an per orang, yang mana nantinya tiket tersebut bisa digunakan untuk beli kopi di cafenya sebagai potongan harga. Harga kopinya kisaran 25K an, lumayan lah dapet potongan harga pake tiket..

9. Congo Cafe & Gallery

Cafe atau resto ini ternyata berbentuk gallery guys. Jadi kalian bisa duduk-duduk di antara karya-karya seni yang unik-unik. Mulai dari barang-barang antik dan vintage, sampai karya seni dari kayu. Tempatnya pun luas banget, jadi bisa bebas tuh foto-foto karena banyak spot-spot menarik di sini. Menu list-nya juga bervariasi dengan harga mulai dari 25K untuk minuman, dan sekitar 30K ke atas untuk makanannya. Dengan lokasi yang berada di kontur tanah yang tinggi, maka anginnya sepoi-sepoi terasa sekali. Cocok buat nongkrong sambil ngobrol berlama-lama di sini.

Masih banyak lagi nih tempat-tempat asiknya guys, silakan lanjut yaa..

10. Kopi Sultan

11. Cascara Kopi

12. Armor Kopi

13. Sierra Cafe & Lounge

14. Cocorico Fantasy Garden

15. Kanal Space

Waah, banyak banget kaann tempat-tempat nongkrong asik di Dago Pakar. Selain daftar di atas sebenarnya masih banyak venues lain yang tak kalah asik dan keren guys. Jadi silakan explore sendiri deh.  Dijamin acara nongkrong kalian bakal seru dan pulang dengan membawa kenangan yang indah..

Berkunjung di hari biasa akan lebih nyaman karena bakal terhindar dari kemacetan. Dan jangan lupa ya, tetap lakukan protokol kesehatan, terutama bagi yang berencana ke sana sebaiknya sudah divaksin, karena ada beberapa lokasi yang sudah dilengkapi dengan barcode check in/out. Selamat nongkrong!