Rahasia Sukses Ekspansi Bisnis Kuliner dan Kopi Di Tengah Pandemi

Siang hari yang cukup cerah kami meluncur ke arah Kota Depok yaitu tepatnya ke kecamatan Limo, yang kami ingat dulu namanya masih Desa Limo. Di pinggir jalan Krukut Raya yang kini sudah padat dengan banyaknya perumahan, baru saja dibuka sebuah cafe yang cozy bernama Kopi Magma, sekitar 4 bulan yang lalu. Jauh dari luar kota kami datang mengikuti rasa penasaran kami akan tempat ini.

Tak terasa kami duduk bersantai sampai  menjelang malam.  Selepas hujan rintik, kami bersyukur akhirnya mendapat kesempatan berbincang dengan Pak Tohir, Management Kopi Magma.  Kentara dari tutur katanya, beliau ini adalah seorang ahli plus senior yang mengerti betul seluk beluk bisnis kuliner terutama kopi sejak lama. Perbincangan asik dan penuh dengan makna historis asal usul kopi Nusantara, tak ketinggalan proses kopi dari hulu sampai hilir, begitu menganggumkan dan sangat menginspirasi.

Kopi Magma  sendiri berkonsep resto semi outdoor, dan menerapkan kepatuhan pada protokol kesehatan di tengah masa pandemi ini secara konsisten. Dengan desain interior bertema semi industrial kekinian menciptakan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung. Beberapa pohon besar pun di biarkan tak dipangkas habis di halaman tengah. Membuat suasana menjadi teduh dan menciptakan udara sejuk. Mungkin karena konsep terbuka inilah yang bikin resto baru ini memiliki daya tarik tersendiri. Seperti pengakuan Pak Tohir bahwa selain selalu penuh pengunjung untuk ngopi dan makan, tempat ini juga sudah mulai menjadi incaran para content creator dan penyelenggaraan event-event lainnya.

Tak terasa hampir 5 jam kami tak beranjak dan menghabiskan waktu dengan ngopi dan pesan ini itu berkali-kali, sambil memperhatikan traffic pengunjung yang datang dan pergi.  Cukup mengejutkan juga mengetahui bahwa tempat ini menjadi bukti nyata, pandemi bukan penghalang meraup omset. Dengan konsep bangunan terbuka, kopi yang mantap, dipadu dengan makanan lezat, harga bersahabat, fasilitas lengkap dan pelayanan memuaskan dari puluhan karyawannya, tak butuh berlama-lama untuk menjaring pengunjung dari segala penjuru. Padahal Pak Tohir belum memanfaatkan secara maksimal media sosial untuk branding, akunya jujur. Artinya beliau betul-betul memanfaatkan pengalaman pengunjung sebagai media ampuh dalam berpromosi. Wow! Check instagram account @kopimagma.id.

Kopi Magma Depok  adalah salah satu bentuk ekspansi usaha dari cafe dengan nama yang sama di Bandung. Dengan memiliki tujuan utama yaitu memperkenalkan dan memasarkan kopi hasil perkebunan di gunung Malabar, Pangalengan Bandung Jawa Barat, sampai menjadi kopi olahan yang berkarakter. Sebagai cikal bakal kopi Java Preanger yang pada jaman VOC dulu tanamannya di bawa dari India dengan jenis arabika, kini  dikemas dalam format lebih kekinian. Sehingga pelanggan bisa menikmati kopi hasil dari perkebunan pribadi, yang diolah secara profesional,  menjadi minuman siap saji dengan cita rasa yang mantap.

Nah pasti pada penasaran kan sama Kopi Magma .. Silakan merapat dan nikmati sensasi racikan kopi asli hasil biji kopi perkebunan di pegunungan Malabar, dan juga kuliner spesialnya!