Bisnis Franchise Kopi Kekinian Yang Bakal Nge-Hits dan Sukses

Mau mulai usaha perkopian? Mau ikutan franchise? Simak dulu ulasan ini sampai habis ya guys!

Bagi pencinta kopi pasti tahu bahwa jenis kopi itu ada 2 macam, ya kan guys? Yaitu robusta dan arabica. Perbedaan antara mereka berdua ini cukup mencolok guys, dari cita rasanya sudah jelas. Kalo robusta itu rasa dan aromanya lebih pekat dan agak pahit. Biasanya robusta banyak digunakan sebagai bahan dasar kopi sasetan gitu. Berbeda dengan arabica, karena kandungan kafeinnya yang lebih rendah dari robusta yang terkenal lebih setrong namun harga biji kopinya lebih murah. Karakter arabica yang juga lebih nyaman kena lambung dan memiliki banyak varian aroma, bikin banyak kedai kopi kerap memillih arabica sebagai bahan dasar dari kopi racikan mereka, atau setidaknya komposisi arabica lebih besar dari pada robusta, jika mereka memilih untuk mixing keduanya.

Tapi kali ini Findmevenue tidak akan bahas jenis kopi lebih jauh, karena ada hal yang lebih menarik.  Yaitu  mengulas salah satu coffee shop yang menggunakan bahan dasar biji kopinya 100% arabica untuk sajian kopinya guys!. Wah mantap nih, karena beberapa pengalaman Findmevenue mengulas kedai kopi, mereka masih memilih untuk mixing kedua jenis itu. Tapi tidak dengan Aiakawa Coffee!

Aiakawa Coffee mulai beroperasi di tanggal 1 November 2020 lalu. Founders dari coffee shop ini adalah 4 orang anak muda energik dan kreatif pula yaitu Mas Andika Pramana Putra, Mbak Nadya Ranum Shita, Mas Muhammad Irfan Kamil, dan Mas Aldo Angga.

Lokasi Aiakawa Coffee ini ada di Jakarta guys, yaitu yang pertama dibuka di Cengkareng , tepatnya di Jalan Utama Raya Nomor 15, Jakarta Barat. Kemudian disusul satu lagi di bilangan Kemanggisan, Jl. Keluarga No.39a, RT.6/RW.12, Palmerah, Kec. Palmerah. Dengan mengusung konsep interior industrial dan minimalis disertai ambiance yang nyaman buat kumpul bareng teman atau sekadar nugas, bisa dibilang tempat ini asik banget!

Apalagi didukung dengan sajian kopi arabica 100% yang mantap dan nikmat, yang bikin pengujung ketagihan. Minuman favorit yang kerap dipesan pembeli yaitu Botol signature atau buat para non kopier ada Special tea series. Selain sajian kopinya, buat kalian yang berada di ujung lapar, Aiakawa Coffee juga menyediakan kuliner modifikasi west meets east yang paling digemari berbagai kalangan, yaitu spagetti ayam cabai dan nasi goreng kebab. Hmm yummy,  perlu dipesan nih..

Dari segi layout coffee shop ini, yang bikin nyaman Aiakawa Coffee adalah ruangan dine-in nya yang cukup luas dan leluasa, apalagi wifi-nya kenceng banget guys. Jadi mau nugas di sini enak bisa sampai kelar. Bagi  para smokers tak lupa  disediakan juga ruangan khusus yang juga nyaman. Dan tentunya bagi kebanyakan kalian, bakal  senang karena banyak spot-spot cakep yang instagramable banget.

Di masa pandemi dengan regulasi dalam pembatasan sosial, Aiakawa Coffee  tetap mengikuti peraturan yang ditetapkan pemerintah yaitu membatasi jam operasionalnya. Walaupun begitu memukul omzet dengan keterbatasan di sana sini, namun untuk kebaikan bersama , maka Aiakawa Coffee tetap patuh apalagi dengan penerapan prokesnya.

Namun bukan berarti Aiakawa Coffee hanya tinggal diam dengan kondisi sulit seperti ini, berbagai strategi penjualan pun diluncurkan, antara lain memberikan discount buat yang pesan via ojek online, Selain itu Aiakawa Coffee juga menggunakan jasa marketing dengan nano influencer di media sosial. Dibantu pula dengan konsistensi unggahan konten-konten menarik di instagram-nya.

Setelah dibukanya 2 coffee shop di Kota Jakarta, bukan berarti pula para founders berleha-leha saja. Ada visi keren mereka lho guys. Selain memperkenalkan biji kopi arabica kepada masyarakat luas, Aiakawa Coffee juga ingin menjadi brand kopi pertama yang wajib menggunakan biji kopi full arabica terbaik. No debat lah.  Waah mantap ya..

Lagipula dengan dibukanya tempat usaha ini Aiakawa Coffee juga mendorong terbukanya lapangan pekerjaan baru. Tak tanggung-tanggung, para founder dan co-founder juga berdedikasi untuk mengedukasi para barista dan mitra untuk mengenal cara brewing kopi yang baik dan benar. Menjadi brand franchise pertama yang menjual produk dengan metode manual brew V60.

Adapun  misi keren Aiakawa Coffee, yaitu berharap bisa membuka outlet sebanyak-banyak nya dengan radius 5 km per outlet, agar lapangan pekerjaan terbuka bagi yang membutuhkan, dan tentu dengan seleksi yang ketat dengan standard yang di miliki oleh Aiakawa Coffee.

Selain itu, Aiakawa Coffee memiliki SOP (Standard Operating Procedures) pembuatan kopi yang sesuai dengan standard yang telah di berikan oleh SCAI (Specialty Coffee Association Indonesia) untuk memaksimalkan cita rasa kopi yang kompleks. Hal ini tidak ragu untuk diterapkan karena Aiakawa Coffee punya trainer yang sudah berpengalaman di industri perkopian. Untuk urusan marketing, sudah dipastikan bahwa Aiakawa Coffee berkomitmen untuk konsisten bikin beragam promo menarik untuk customer, di bungkus dengan konten yang menarik bakal bikin customer tertarik dengan produk Aiakawa Coffee.

Nah, tunggu apalagi nih, selama masih pembatasan sosial, kalian bisa pesan via online kopi dan kuliner Aiakawa Coffee. Selain mulai rencanakan mampir ke sini ya! Dan, bagi kalian yang punya wacana ikut terjun dalam bidang usaha perkopian, bisa jadi rekomendasi cakep nih, untuk ikut franchise yang ditawarkan Aiakawa Coffee. Gak bakal nyesel, karena kalian berada ditangan orang-orang ahli dan profesional serta berdedikasi tinggi. Mantaap dah..