Saat ini Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar dunia, dengan cita rasa berskala internasional tak kalah bersaing di pasar dunia. Jenis kopi andalan Indonesia adalah robusta dan arabika. Namun saat ini jenis kopi luwak pun sudah mulai banyak dilirik pasar, walaupun dengan harga yang relatif mahal, tak menyurutkan permintaan dari berbagai daerah maupun ekspor.
Dengan tingginya produksi kopi dalam negeri dan berkualitas, telah mendorong pengusaha lokal melirik usaha penjualan kopi olahan atau kopi seduh yang mudah dinikmati masyarakat. Kini makin marak bermunculan kedai-kedai kopi, atau istilah kerennya coffee shop, di sejumlah kota-kota besar di Indonesia bahkan sampai ke pelosok daerah. Permintaan penikmat kopi lokal kini tak lagi didominasi kalangan paruh baya, akan tetapi kalangan muda bahkan remaja pun mulai addicted dengan jenis minuman ini.
Dikemas dengan tampilan-tampilan modern nan trendy baik dari segi produk, promosi maupun desain coffee shop itu sendiri pun menyasar potensi pembeli anak-anak muda. Dengan harga relatif ekonomis namun tetap terjaga kualitasnya, akhirnya meluas ke semua kalangan penikmat bahkan kini menjadikannya gaya hidup. Pola recurring dari customer karena sensasi dan gengsi menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengusaha kedai kopi.
Untuk ke depan potensi pasar lokal penjualan kopi olahan dinilai masih terbuka lebar. Dengan sumber daya pembeli lokal yang luar biasa, maka sepertinya peluang ini masih menjadi alternatif usaha yang menjanjikan. Anak-anak muda pun tak mau kalah turut berkiprah menjadi pengusaha kedai kopi. Dengan mengusung tema-tema kreatif menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli. Namun dengan ketatnya kompetisi maka diperlukan strategi cerdas, kreatifitas dan inovasi tiada henti untuk tetap menarik minat penikmat kopi sejati.
Pilihan ragam coffee shop di kota anda bisa anda klik di sini.Â